3 Tips Penting Buat Pemula Untuk Menjadi Agent Properti


Buat kamu yang ingin terjun ke dunia properti khususnya sebagai seorang agent (marketing) properti, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui atau kamu lakukan sebagai langkah awal memulai karir sebagai seorang pemasar properti, untuk tahap awal ada 3 langkah penting yang perlu kamu lakukan, diantaranya:

1. Menjadi Seorang Makelar Properti di Sekitar Tempat Kamu Tinggal
Nah ini bisa jadi langkah paling awal buat kamu yang mau memulai karir sebagai seorang pemasar properti, coba cek dilingkungan kamu pasti ada satu atau beberapa rumah / properti yang sedang dijual, bisa dilihat dari spanduk yang terpasang di rumah tersebut atau melalui omongan para tetangga, kamu bisa mulai menawarin jasa nih kepada sang pemilik untuk membantu jualin, biasanya sih kalau kebetulan deket sama yang punya malah kamu yang ditawarin untuk jualin properti tersebut.
Tanyakan perihal komisi / fee yang akan diberikan jika kamu berhasil menjual properti tersebut, lebih baik kalau ada perjanjian hitam di atas putih agar semakin kuat tuh pernyataanya dan bisa digunakan pada nantinya jika properti tersebut sudah terjual.
Selain itu kamu harus sudah mulai membuat pencitraan di lingkungan  tersebut bahwa kamu adalah pemasar properti sehingga apabila ada tetangga lain yang ingin menjualkan rumahnya mereka langsung teringat dan menghubungi kamu.
Buat beberapa list atau daftar rumah-rumah yang dijual di sekitaran kamu untuk kamu jadikan database dan nantinya bisa jadi pilihan/alternatif buat konsumen/klien yang kamu antar.


2. Jualan Online
Tahap berikutnya adalah bagaimana cara memasarkan properti yang sebelumnya sudah kamu list, perkembangan sekarang adalah sudah masuk kedunia digital atau online marketing, begitupun untuk hal jual beli properti, semua sudah bisa dipasarkan secara online, ada banyak marketplace online yang bisa digunakan untuk memposting listingan kamu, diantaranya rumah.com, rumah123.com, urbanindo.com, rumahku.com rumahdijual.com dan masih banyak lagi, beberapa diantaranya memang berbayar namun tidak sedikit juga yang gratis.
Sebagai langkah awal buatlah akun di situs-situs gratis seperti urbanindo.com dan rumahdijual.com, maksimalkan iklan-iklan kamu di situs tersebut, buat kalimat atau deskripsi listingan yang semenarik mungkin, judul yang menarik dan foto yang tentunya juga cantik.
Jika kamu jago dalam hal internet, kamu juga bisa menggunakan website atau membuat website pribadi khusus untuk posting listingan-listingan kamu sekalian branding deh.
Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan properti-properti tersebut tentunya bisa juga menggunakan akun akun media sosial kamu.

3. Bergabung Dengan Agency Properti
Tahap berikutnya adalah bergabung dengan Agency property, kenapa harus bergabung dengan sebuah agency properti?
Ilmu dalam dunia properti ini sangat banyak, menjual properti bukan seperti menjual barang-barang lain yang kelihatannya mudah, ada banyak proses yang menyangkut legalitas, hukum-hukum negara yang dilibatkan dalam setiap transaksi, nah ilmu-ilmu tersebut tidak bisa secara cepat kamu dapatkan jika bekerja sendiri, disitulah fungsi sebuah Agency properti yang nanti akan membimbing kamu dalam hal-hal tersebut.
Nah carilah agency yang terdekat dari tempat tinggal kamu, agar memudahkan dalam hal aktifitas ke kantor, dan ingat Jangan berharap gaji ya ketika kamu bergabung dengan sebuah agency karena rata-rata agency tidak memberikan gaji pokok melainkan komisi jika si agent bisa melakukan penjualan.

demikian tips buat kamu yang mau terjun ke dunia properti sebagai seorang pemasar properti, next post akan dibahas mengenai pilih-pilih agency properti.

Wassalam.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar